Senin, 09 Oktober 2023

Setelah Sukses di Jakarta, Komunitas Tionghoa Minta Anies Lanjutkan Hingga ke Seluruh Indonesia


Bacapres Anies Baswedan dinobatkan sebagai bagian dari Komunitas Masyarakat Indonesia Tionghoa (KOMIT). Penobatan tersebut secara simbolis ditandai dengan pemakaian jaket komunitas berwarna putih oleh Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di salah satu rangkaian acara bertajuk ‘Silaturahmi Kebangsaan KOMIT Dengan Anies Baswedan’, Jumat malam (15/9).

KOMIT merupakan komunitas masyarakat Tionghoa yang terdiri dari berbagai simpul, mulai dari pengusaha, aktivis, advocat, praktisi pendidikan, profesional, hingga milenial. “Pak Anies, semua yang hadir dalam acara silaturahmi ini adalah tokoh-tokoh dari semua simpul yang berjumlah sekitar 200 orang. Orang-orang yang hadir ini punya jaringan yang luas terhadap masyarakat Tionghoa di seluruh Indonesia,” jelas Ulung Rusman, Sekjen Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI).

Penobatan Anies sebagai bagian dari masyarakat Indonesia Tionghoa tidak lepas dari rekam jejaknya selama menjadi gubernur DKI. Menurut Ulung, kepemimpinan Anies di Jakarta tidak hanya melahirkan sistem dan pembangunan kota, tapi juga menciptakan suasana yang teduh di tengah keberagaman masyarakat. “Kami ingin Pak Anies melanjutkan apa yang telah dilakukannya dulu di Jakarta, melahirkan masyarakat adil sejahtera tanpa diskriminasi,” harap Ulung.

Anies merasa bangga dan bersyukur bisa bertemu kembali dengan masyarakat Indonesia Tionghoa. Termasuk bisa saling sapa dan berdiskusi secara virtual dengan para mahasiswa Indonesia Tionghoa yang menuntut ilmu di luar negeri. “Malam hari ini malam yang membanggakan bagi kami. Ini perjumpaan bukan yang pertama, tapi pertemuan yang tak terhitung jumlahnya karena kami sama-sama pernah membangun Jakarta yang teduh dan merajut keberagaman,” tutur Anies.

Menurut Anies, suasana teduh dan aman yang terjadi di Jakarta selama masa kepemimpinannya dulu tidak terjadi secara otomatis. Melainkan ada usaha dan ikhtiar yang panjang dalam membangun dan merawat keteduhan tersebut antara dia dengan semua lapisan masyarakat. Termasuk dengan masyarakat Indonesia Tionghoa di Jakarta. “Makanya saya berterimakasih karena kita bersama-sama menjaga Jakarta yang teduh. Karena bila Jakarta tegang, Indonesia tegang, apabila Jakarta tenang maka Indonesia tenang,” papar Anies yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Anies menilai dirinya tidak perlu menjanjikan banyak hal kepada masyarakat Indonesia Tionghoa dengan penyampaian gagasan sebagai bacapres. Menurutnya, rekam jejak dirinya sebagai gubernur merupakan fakta yang bercerita langsung kepada mereka. “Kita telah membuktikannya dulu, sehingga tidak perlu menjanjikan apa-apa. Inilah yang kami kerjakan. Inilah faktanya. Karena itu kami mengajak kita melakukannya secara bersama-sama dalam level nasional. Saya optimis orang yang merawat keberagaman semakin banyak,” tandas Anies.

Tags :

bm

forumbersamajakarta

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • forumbersamajakarta
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar